Pemdes Mentiring Laksanakan Musrenbangdes, Matangkan Usulan Warga Sebelum Musdes RKPDes

0
23

Kaur, Jendelarakyat.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Mentiring Kecamatan Semidang Gumay Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa, Kamis 8 Februari 2024.

Musrenbang ini untuk mematangkan usulan warga yang sebelumnya sudah disampaikan dalam Musdes RKPDes beberapa waktu lalu. Musrenbang yang dipimpin Ketua BPD ini diikuti oleh tim 9 dan beberapa elemen masyarakat.

Kepala Desa Mentiring Beriyansyah, S.Sos mengatakan, pemerintah desa masih mematangkan usulan prioritas yang masuk dalam RKPDes 2024 melalui musdes beberapa waktu lalu.

Dimana usulan prioritas itu disesuaikan dengan ketersediaan anggaran APBDes tahun 2024. Mayoritas APBDes bersumber dari dana desa.

Beriyansyah menjelaskan bahwa dari berbagai usulan yang sudah ditampung ada sekitar 8 kegiatan yang menjadi program prioritas pembangunan tahun 2024.

Meliputi pengadaan traktor, pembuatan sumur bor, pengadaan cctv, gaji guru mengaji, sosialisasi hukum, pembuatan MCK, modal BUMDes dan BLT.

Beriyansyah berharap program prioritas yang sudah disepakati itu dapat terlaksana dengan dukungan dan peran serta mmasyarakat Desa Mentiring.

Pada kesempatan yang sama mewakili Camat Semdaing Gumay, Kasi Trantib Merlianto, S.Sos menyampaikan bahwa penggunaan dana desa tahun 2024 dapat dipakai untuk sebagai berikut:

1. Penanganan kemiskinan ekstrim sebesar maksimal 25 persen dari pagu

2. Program ketahanan pangan minimal 20 persen dari pagu dana

3. Dana operasional pemerintah desa maksimal 3 persen dari pagu dana

4. Program pencegahan dan penurunan stunting

5. Program sektor prioritas desa melalui bantuan permodalan BUMDes.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here