Pemdes Pagar Banyu Salurkan BLT-DD Triwulan Kedua Tahun Anggaran 2024

0
14
Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Banyu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, merealisasikan salah satu program kerja tahun 2024 dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 12 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah desa dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang layak dan pantas menerima. (Foto : Elman)

Jendelarakyat.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Banyu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, merealisasikan salah satu program kerja tahun 2024 dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 12 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah desa dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang layak dan pantas menerima.

Acara penyaluran BLT-DD ini dihadiri oleh Camat Arma Jaya, Kapolsek, pendamping desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, mahasiswa KKN dari Universitas Bengkulu (UNIB), dan 12 penerima KPM BLT-DD untuk periode Mei, Juni, dan Juli 2024.

Penyaluran BLT-DD kepada 12 KPM dilaksanakan pada 9 Mei 2024 bertempat di Kantor Desa Pagar Banyu. Kepala Desa Pagar Banyu, IIsyadi, menyampaikan bahwa penetapan 12 KPM dilakukan melalui musyawarah desa bersama lembaga desa dan dituangkan dalam Peraturan Kepala Desa (Perkades).

“Melalui musyawarah desa bersama lembaga desa dan selanjutnya dituangkan dalam Perkades, ditetapkan sebanyak 12 KPM yang menerima bantuan uang tunai sebesar Rp. 300.000 setiap bulan, selama 12 bulan atau satu tahun anggaran,” kata IIsyadi.

Bantuan yang disalurkan kali ini adalah BLT-DD untuk triwulan kedua tahun 2024, yakni untuk bulan Mei, Juni, dan Juli. Pada penyaluran ini, setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp. 900.000, yang merupakan akumulasi dari Rp. 300.000 per bulan selama tiga bulan.

“Pemerintah Desa Pagar Banyu menyalurkan BLT-DD untuk triwulan kedua, yakni bulan Mei, Juni, dan Juli, dimana setiap KPM pada realisasi penyaluran ini mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 900.000 yang bersumber dari anggaran dana desa,” jelas IIsyadi.

Program penyaluran BLT-DD ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, terutama bagi mereka yang terdampak oleh berbagai situasi ekonomi yang sulit. Dengan adanya bantuan ini, pemerintah desa berharap masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

Selain itu, kegiatan ini juga menunjukkan komitmen Pemerintah Desa Pagar Banyu dalam menjalankan program kerja yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam anggaran desa. Keberhasilan penyaluran BLT-DD ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam melaksanakan program-program bantuan sosial yang tepat sasaran.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk perangkat desa, BPD, pendamping desa, dan masyarakat, Pemdes Pagar Banyu optimis dapat terus menjalankan program-program yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa. Penyaluran BLT-DD ini menjadi salah satu langkah nyata dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Pagar Banyu. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here