Realisasi Program Pencegahan Stunting Pemdes Lubuk Gung Lakukan Pemasangan Pipa SPAL

0
34

Kaur, Jendelarakyat.com – Seperti diketahui bahwa Air limbah domestik merupakan air yang berasal dari kegiatan hunian. Seperti limbah rumah tinggal, hotel, sekolah, kampus, perkantoran, pertokoan, pasar dan fasilitas-fasilitas pelayanan umum.

Seiring dengan semakin padat lingkungan maka limbah domestik juga semakin tinggi. Sehingga membutuhkan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Kepala Desa Lubuk Gung Kecamatan Semidang Gumay Kabupaten Kaur Erlan Jayadi mengatakan tahun 2024 ini tak hanya membangun Saluran Pembuangan Air Limbah, tetapi sekaligus memasang pipa agar limbah domestik dapat dialirkan dengan lancar pada SPAL menuju tempat pembuangan akhir. “Di tahun ini kita membangun saluran pembuangan air limbah,” terangnya. Lebih lanjut, Kades mengatakan bahwa pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) sebagai bagian dari membangun budaya sehat dalam lingkungan keluarga. Sehingga menjadi bagian daru upaya mencegah terjadi stunting pada kelahiran baru.

“Harapan saya dengan dibangunannya saluran air limbah itu nanti nya bisa memperlancar limbah dari rumah-rumah warga, sehingga bisa jadi desa yang bersih dan nyaman. Masyarakat hidup sehat dan nyaman,” terangnya.

Pengerjaan fisik SPAL mulai dilaksanakan, pemerintah Desa Lubuk Gung mengharapkan pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal. “Pekerjaan fisik SPAL ini sesuai dengan juklak dan Juknis yang ada dan dikerjakan dengan memberdayakan masyarakat desa,” tambah Erlan Jayadi. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here