Minim Fasilitas, Puskesmas Tetap Tak Sedia Pengobatan Suntik Tetanus

0
342

Kaur, Jendelarakyat.com – Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang terdekat ke masyarakat untuk menyelesaikan masalah kesehatannya, sehingga kelengkapan di Puskesmas menjadi suatu hal penting bagi pelayanan kesehatan.

Namun sayangnya, fasilitas lengkap seperti yang diharapkan masyarakat tak dimiliki semua Puskesmas. Salah satunya Puskesmas Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Miris, nasib naas salah seorang pasien bernama Johari (42) yang mengalami luka di jari telunjuk hingga nyaris putus, namun untuk pengobatan suntikan titanus tidak tersedia.

Menurut keterangan pasien Johari (42) menceritakan kronologi kejadian kepada awak media, pada Senin (27/03) beliau berangkat ke kebun jagung di desa Cucupan Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur, setelah sampai di kebun beliau langsung bekerja menggunakan parang. Tak lama kemudian mengalami kecelakaan luka di jari telunjuk sempat hampir putus.

Kemudian korban sempat menghubungi pihak keluarga terdekat di Desa Kasuk Baru Kecamatan Tetap, melalui via telepon. Dan langsung dirawat dan dilayani dengan baik oleh pegawai Puskesmas.

Tapi sayangnya untuk pengobatan suntikan titanus stok obat tidak tersedia bahkan Perawat, meminta keluarga pasien untuk membeli sendiri ke Apotik. Sedangkan pengobatan suntikan titanus itu sangatlah diperlukan oleh pasien sebab kondisi jari yang terluka sangat parah hingga nyaris putus.

Kepada awak media keluarga pasien mengharapkan pelayanan terbaik dari pihak penyedia pelayanan kesehatan yakni pihak Puskesmas Tetap.

“Saya selaku keluarga pasien cukup kecewa dengan hal yang dialami kakak saya, sebab seharusnya hal-hal urgent seperti ini harus diperhatikan, pihak pelayan kesehatan seharusnya melengkapi fasilitas pengobatan yang lebih lengkap, agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi, apalagi sampai kami dari pihak pasien yang harus membeli sendiri obat yang seharusnya disediakan oleh pihak pelayan kesehatan masyarakat,” ujarnya dengan wajah kecewa.

Selain itu beliau juga menuturkan, “saya pribadi berharap agar pelayanan kesehatan di Kabupaten Kaur khususnya Kecamatan Tetap lebih ditingkatkan, semoga saja pemerintah daerah terutama dinas terkait dapat mendengarkan keluhan-keluhan dari masyarakat, bukan hanya pembangunan fisik yang di upgrade namun juga pembangunan fasilitas dan SDMnya.”

Dengan adanya temuan ini kami berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Kaur, dinas terkait dan APH untuk segera menindaklanjuti hal tersebut. (Herwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here