Masyarakat Minta Pemerintah Bangun Jalan Cinto Mandi Desa Telaga Dalam

0
70

Bengkulu Selatan, jendelarakyat.com – Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Bengkulu Selatan Propinsi Bengkulu terus berkembang pesat maju seiring dengan laju peningkatan APBD Bengkulu Selatan tiap tahunnya.

Dibalik kemajuan dan keberhasilan pembangunan infrastruktur di kabupaten Bengkulu Selatan tersebut. Masih ada terdapat jalan penghubung di Kabupaten Bengkulu Selatan yang masih rusak parah. Bahkan seperti dibiarkan terbengkalai dan telantar.

Jalan penghubung tersebut adalah jalan yang menghubungkan antara desa Nanjungan sampai ke Desa Kembang Seri Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dampak rusaknya jalan ini menyebabkan dua desa yaitu desa Cinto Mandi dan Desa Telaga Dalam menjadi terisolir dan tertinggal. Masyarakat Cinto Mandi sering mengeluh dengan kondisi jalan seperti ini. Seiring masyarakat bergotong royong memperbaiki jalan. Apabila ada mobil yang nyangkut karena dalamnya lubang jalan agar mobil bisa lewat. Jalan penghubung ini sangat penting bagi warga kedua desa untuk akses keluar masuknya warga, selain itu untuk akses mengangkut hasil pertanian seperti sawit, jagung, padi keluar dari desanya.

Menurut Kepala Desa Cinto Mandi bapak Sekaman, “jalan dan jembatan di desa kami sudah lama rusak parah hampir tujuh tahun, selama lima tahun jalan ini menjadi tanggung jawab Kabupaten Bengkulu Selatan. Selama lima tahun jalan tersebut pengaspalan jalan belum juga terealisasikan semuanya. Bahkan masih dibiarkan jalan tanah dan jalan lapen saja, belum ada perubahan dan perbaikan yang nyata. Kini dua tahun terakhir katanya jalan ini sudah diserahkan ke propinsi. Tetapi belum juga ada realisasi pembangunannya.

Kami sudah melaporkan kepada bapak Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi untuk melihat kondisi jalan ini secara langsung. Kebetulan waktu beliau berkunjung ke desa Kembang Seri. Kami ajak langsung beliau untuk bergotong royong memperbaiki dasar Jembatan Air Selali Kecil agar bapak Bupati bisa melihat langsung dengan mata kepalanya sendiri tentang kondisi jalan ke desa kami yang rusak parah.”

“Kepada pihak propinsi kami sudah menyampaikan kepada Waka dua DPRD propinsi bengkulu bapak Samsu Amanah. beliau mengatakan bahwa pada tahun dua ribu dua puluh dua ini ada perbaikan jalan berupa perbaikan tambal sulam jalan dengan dana satu milyar rupiah. Betul sekarang ini ada realisasi perbaikan jalan. Tetapi untuk peningkatan jalan sepanjang tiga ratus limapuluh meter kearah desa telaga dalam. Peningkatan jalan ini belum berpengaruh langsung terhadap keterisoliran desa cinto mandi dan masih menjadikan desa kami menjadi terisolir dan tertinggal.”

Kembali menurut Kades Cinto Mandi di Kabupaten Bengkulu Selatan namanya akses jalan sebenarnya satu satunya jalan penghubung yang rusak parah dan terisolir adalah jalan ke desa kami.

Untuk itu bapak Sekaman sebagai Kades Cinto Mandi mengharapkan kepada pemerintah kabupaten maupun propinsi untuk segera merealisasikan perbaikan dan pembangunan jalan penghubung ini. Agar jangan sampai desa kami menjadi terisolir dan tertinggal.

“Untuk itu kalau memang jalan ini sudah menjadi tanggung jawab propinsi. kami mengharapkan kepada Gubenur Propinsi Bengkulu bapak Rohidin Mersyah merealisasikan perbaikan dan pembangunan jalan ini pada tahun anggaran dua ribu dua puluh tiga nanti,” tegasnya.

Pendapat Kades Cinto Mandi didukung juga oleh pendapat Kades Telaga Dalam Bapak Ismadi Tata beliau mengatakan bahwa jalan ini mohon segera dituntaskan pembangunannya, agar jalan ini bisa memudahkan akses jalan ke kedua desa. yaitu Desa Cinto Mandi dan Desa Telaga Dalam yang masih terputus dan terisolir. sehingga ekses ke kedua desa kami bisa lancar.

“Semoga saja pemerintah propinsi bengkulu bisa merealisasikan pembangunan jalan penghubung ini. Dan kedua desa menjadi semakin maju dan jauh keterisoliran dan desa tertinggal.”

Dari Kabupaten Bengkulu Selatan Erwin melaporkan.(tim- red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here