SPRI Kabupaten Kaur dan Warga/Masyarakat Unjuk Rasa ‘Aksi Damai’ ke PT PLN Bintuhan

0
143

Kaur, jendelarakyat.com – Pada hari ini tepatnya Rabu (24/08/2022) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Kabupaten Kaur bersama warga/masyarakat Kabupaten Kaur melakukan unjuk rasa ke PT PLN Bintuhan.

Unjuk rasa ini dilakukan karena adanya keluhan masyarakat Kabupaten Kaur yang mengungkapkan bahwa sering terjadi mati lampu dan masyarakat merasa banyak dirugikan seperti alat elektronik dan beberapa usaha yg menggunakan listrik.

Kepala PLN menjawab dari pertanyaan beberapa Anggota SPRI, menerangkan kenapa mesin PLTMH Padang Guci hidup disaat terjadi gangguan di luar wilayah kabupaten Kaur contoh kasusnya saat terjadi bencana di Tanjung Sakti, sumber listrik di kirim dari GI pulau Bai ke PLTM Padang Guci untuk sinkron dan dibagi ke 3 kabupaten listrik tersebut. PLTMH Padang Guci memiliki genset sendiri untuk menghidupkan lokasi mereka saja sendiri.”

Penyebab pemadaman listrik pada jam tertentu contoh saat magrib tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada konsumen masuk kedalam pemadaman tidak terencana, yang termasuk pemadaman tidak terencana yang di sebabkan oleh alam, pohon, hewan dan muketika di tabrak mobil atau yang lain-lain.

Sedangkan pegawai PLN cuma 7 orang dan pegawai pelayanan teknik 53 orang.

Dari tuntutan DPC SPRI, PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik yang berkaitan dengan ketenagaan listrik harus sesuai dengan visi dan misi.

Disampaikan oleh pihak PT. PLN (Persero) ULP Bintuhan, bahwa ada sedikit koreksi PLTMH, daya PLTMH Padang Guci yang masuk ke kabupaten Kaur
A. PLTMH Padang Guci 1:6MW
B. PLTMH Padang Guci 2:7MW

Daya dari GI Manna ke kabupaten Kaur: 30 MW, total daya dari PLTMH Padang Guci+GI Manna:43 MW.

Sedangkan daya yang masuk ke konsumen masyarakat Kabupaten Kaur dan ke perusahaan tambak udang/perusahaan:
A.konsumen masyarakat Kabupaten Kaur:6 MW
B. Ke perusahaan tambak udang/ perusahaan :3,6MW.
Untuk kab. Kaur listrik di supply dari GI manna dan sinkron dengan PLMTH Padang Guci lalu disalurkan ke masyarakat, sinkron disini artinya tidak dapat beroperasi jika tidak ada supply listrik dan GI atau sumber listrik yang lain. (Herwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here