Bupati Gusnan Buka Workshop Penggunaan Aplikasi E-Office SRIKANDI di Lingkungan Pemkab BS

0
40

Bengkulu Selatan, jendelarakyat.com – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi hadir dan membuka kegiatan Workshop penggunaan aplikasi e-office sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (SRIKANDI) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan di halaman Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Rabu (3/8/22).

Terselenggaranya kegiatan bimbingan teknis penggunaan aplikasi elektronik perkantoran ini adalah atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan.

Bupati Gusnan Mulyadi menyampaikan, dengan adanya aplikasi SRIKANDI ini dapat memberikan dampak besar pada pemerintahan saat ini. Kecepatan tentu menjadi hal yang paling utama, lantaran saat ini bisa dilakukan pengecekan secara digital.

Aplikasi juga ini mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan Aparatur Sipil Negara pada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

“Jika sebelumnya kita menggunakan kertas, tentunya kita harus ada di lokasi. Saat ini, melalui digital kita periksa dan kita bisa melakukan tindakan secara langsung walaupun kita sedang berada di luar Kota” sampai Gusnan.

Selain itu Bupati juga menegaskan kepada para pejabat dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk membiasakan diri dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi. Salah satu contoh yang sederhana adalah penerapan digital sign (tanda tangan elektronik).

“Sekarang ini eranya digital, penerapan digital sign (tanda tangan elektronik), mulai sekarang kita terapkan pada dokumen-dokumen penyelenggaraan administrasi pemerintahan kita secara elektronik, oleh sebab itu saya minta betul Bapak Ibu, ini mungkin hal baru bagi kita, tapi kalau kita tidak belajar, maka tidak mungkin kita bisa” tegas Bupati.

Aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi merupakan hasil kolaborasi antara Kemanpan-RB, Kemenkominfo, BSSN dan ANRI yang bertujuan government to government (G2G).

Memilki beberapa fitur utama diantaranya, fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

Aplikasi SRIKANDI diciptakan untuk memenuhi kebutuhan layanan perkantoran yang berkaitan dengan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan terintegrasi. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here