Kapolda Bengkulu Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944

0
51

KEPAHIANG, jendelarakyat.com – Memasuki hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944, masyarakat khususnya umat Hindu melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan yang dimulai dari kegiatan Pemelastian, Tawur / Pecaruan, Arak-arakan Ogoh-ogoh yang dilaksanakan pada hari Pengerupukan.

Dan puncaknya pada hari ini (03/03/2022) masyarakat yang beragama hindu melaksanakan hari Raya Nyepi dengan melaksanakan Catur Berata Penyepian diantaranya Amati Geni (tidak menyalakan Api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian) dan Amati Lelanguan (tiada hiburan) yang diiringi dengan Tapa semedi dan Puasa dan sehari setelah hari raya nyepi disebut hari Ngembak Geni dimana masyarakat Hindu melaksanakan kunjungan kepada sanak saudara untuk melaksanakan silaturahmi dan meminta maaf atas kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat baik sengaja maupun tidak sengaja dilakukan selama 1 tahun Caka sebelumnya. Terkait dengan rangkaian hari raya Nyepi tahun baru Caka 1944.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Agung Wicaksono, M.Si melalui akun resmi media sosial Polda Bengkulu mengucapkan selamat hari raya Nyepi tahun baru Saka 1944.

” Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan Wara Nugrah-nya kepada kita semua,” ucapnya melalui akun Instagram Polda_bengkulu. (RilisHumasPolda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here